Kamis, 25 Juli 2019

Halil

'Bak Dosen Profesional', Kapolres Pelabuhan Belawan Berikan Kulma

               Ket foto : AKBP H.Ikhwan Lubis,SH MH KapolresPelabuhan Belawan 'Bak Dosen Profesional' sedang memberikan kuliah lima menit terkait pemahaman penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja (foto,Abdul Halil)

BELAWAN Existimenews.com- Kegiatan penyuluhan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan akan pentingnya mencegah dan memproteksi secara dini agar jangan terpengaruh dan terkontaminasi dengan Narkoba bagi kalangan Pelajar maupun remaja.Dalam rangka mencegah kenakalan remaja dikalangan pelajar dan tentang penyalahgunaan Narkotika yang selama ini semangkin memperihatinkan dan banyak memakan Korban Generasi Melenial. 
'Bak Dosen profesional', Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan Polda Sumut AKBP H. Ikhwan Lubis, SH MH memberikan kuliah lima menit (KULMA) saat menggelar kegiatan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja lainnya kepada siswa-siswi sekolah se-Medan Utara.
Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di ruang Aula Wira Satya Mako Polres Pelabuhan Belawan, jalan Raya Pelabuhan No.1 Belawan,Rabu (25/7/2019) sekira pukul O9.OO Wib.


Dengan bantuan media vidio visual Kapolres Pelabuhan Belawan memberikan penyuluhan dan bimbingan dengan materi yang disampaikan, yaitu pengertian narkoba, jenis narkotika, efek dan dampak negatif menggunakan narkotika serta ancaman pidana bagi para pemakai narkoba.
“Peran aktif guru dan siswa-siswi sangat mendukung dalam menciptakan lingkungan sekolah bebas narkoba,” himbaunya.
Dijelaskannya, selama ini pihak Polres Pelabuhan Belawan telah berupaya melaksanakan pembinaan kegiatan penyuluhan di sekolah-sekolah, diantaranya pembinaan upacara bendera, memberikan pendidikan tertib rambu lalu lintas saat penerimaan siswa baru di sekolah dan menyantuni anak yatim serta kegiatan pendidikan lainnya.
AKBP H Ikhwan juga berpesan kepada peserta didik yang berhadir agar senantiasa mewaspadai pengaruh narkoba maupun pengaruh buruk seperti kenakalan remaja diantaranya, balap liar maupun tawuran. Kepada para siswa-siswi juga diingatkan untuk senantiasa berdisiplin dalam waktu, mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan jiwa kita saat berkenderaan.


Kapolres mengapresiasi bila ada para siswa-siswi yang anti narkoba dan selalu disibukan dalam berbagai kegiatan yang positif seperti mengikuti kegiatan Pramuka, seni beladiri seperti karate dan pencak silat maupun olahraga lainnya.
Dalam kegiatan ini, dipaparkan Kapolres melalui layar slide gambaran tentang remaja dan pelajar yang terjerat pengaruh narkoba hingga masa depannya menjadi hancur, sedangkan pelajar yang tidak terpengaruh narkoba mencapai prestasi sampai jenjang sarjana yang akhir hidupnya menjadi sukses.
“Bagi remaja yang terpengaruh narkoba dan kenakalan remaja maka hidupnya menjadi hancur tak memiliki masa depan justru berakhir di penjara serta tak sedikit yang mati,” imbuh Kapolres.


Tayangan selanjutnya, mengambarkan pengguna jalan yang melakukan aksi balap liar hingga akhirnya terjadi kecelakaan lalu lintas serta tayangan video yang menggambarkan betapa banyaknya pengguna jalan yang tak mematuhi rambu-rambu lalu lintas hingga menimbulkan kesemrawutan lalu lintas menimbulkan keresahan bagi para pengguna jalan lainnya.
Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah guru-guru maupun para siswa-siswi SMA, SMK Se-Medan Utara diantaranya, SMA Negeri 1 Hamparan Perak, SMK Muhammadiyah 04 Medan, SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak, SMA Negeri 9 Medan, SMA Hangtuah Belawan, SMA DR.Wahidin Sudirohusodo, SMK Negeri 13 Medan, SMK TR YP.Sinar Husni, SMA Educare Perguruan Nasional Brigjen Katamso, SMKN 12 Medan, SMA dan SMK Teknologi Swasta Budi Agung Medan.


Dalam kegiatan penyuluhan tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab yang dibimbing oleh Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan AKP H.Justar Purba,SH yang memberikan materi arahan tentang narkoba, selanjutnya kenakalan remaja serta efek dan perilaku pengguna Narkoba.


Dalam acara tersebut turut hadir  Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Taryono Raharja SH. SIK,  Kabag Ops Kompol H.Erinal, Kabag Ren Kompol Ilham Aceh, Kasat Binmas AKP H. Justar Purba SH, Kasat Sabhara AKP Eriyanto Ginting S.Sos, Kasat Intelkam Iptu Sutarjo B.I Manullang dan Kapolsek jajaran yakni Kapolsek Belawan Kompol Safaruddin Tama Siregar,SH diwakili Wakapolsek AKP Ngemat Surbakti, Kapolsek Medan Labuhan AKP Edy Safari Sugiman,SH diwakili Wakapolsek AKP Ponijo SIP, dan Kapolsek Hamparan Perak Kompol Azuar, SH MH.
Acara berjalan lancar dan tertib hingga usai pada pukul 1O.30 Wib,dan diakhiri dengan seluruh perserta kegiatan sosialisasi di abadikan dengan photo bersama Kapolres Pelabuhan Belawan dan para Pju.

Liputan khusus : Abdul Halil, SE
Wartawan Existimenews.com